Menarik! Perbedaan Garam Laut yang belum diketahui banyak orang

13 May 2020



Garam apa yang biasa kamu pakai untuk kebutuhan sehari-hari? Ternyata ada banyak tipe garam lho, dari mulai garam dapur, garam meja, sampai garam laut. Kali ini kita akan membahas perbedaan garam laut (seasalt) dengan garam lainnya. Yuk disimak

Garam laut atau yang lebih dikenal dengan sea salt diproses secara alami dengan penguapan air laut. Garam yang satu ini mengantuk banyak mineral dan nutrisi langsung dari air laut, karena tidak melewati proses kimia. Bahkan garam laut punya kandungan mineral yang lebih banyak dibanding garam dapur.

Baca juga: Almond, kacang dengan segudang manfaat!

"Sea salt kandungan mineralnya lebih dari 50 mineral. Kalau garam buatan hasil tambang, puluhan mineral itu enggak ada," ujar pakar nutrisi Emilia Achmadi. Sama seperti garam hasil tambang atau yang kita kenal dengan garam meja, garam laut juga memiliki fungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Perbedaannya terletak pada kekayaan mineral yang dimiliki garam laut untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh. Garam laut dapat membantu pH tubuh manusia menjadi lebih basa. Hal itu penting karena pH tubuh yang asam atau rendah dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif. Selain baik untuk metabolisme tubuh, garam laut ini juga bermanfaat untuk Kesehatan kulit. Jadi jangan kaget jika kamu banyak menemui produk kecantikan yang mengandung garam laut.

Menurut Western Analysis, Inc., garam laut mengandung berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, dan sulfur. Kalsium ini bermanfaat untuk memberi struktur tulang dan gigi. Kombinasi kandungannya menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang penting untuk mempertahankan komposisi dan sirkulasi darah, kekebalan tubuh, kekuatan otot, serta keseluruhan fungsi tubuh. Kandungan  mineral utama  lainnya  dalam sea salt adalah potasium  yang berguna mendukung sistem saraf, serta zat besi dan yodium yang membantu menstabilkan kondisi tubuh.

Baca juga: Rumput laut, cemilan bukan sekedar cemilan

Mengkonsumsi garam dapur yang paling mudah adalah dengan mencampurkan ke makanan atau minuman yang akan kita konsumsi. Tapi, akan menjadi kurang menarik jika kombinasinya salah. Diperlukan menu makanan atau minuman yang cocok dikombinasikan dengan garam yang bermanfaat ini, salah satu perpaduan yang pas terdapat di laverland crunch seasalt. Cemilan rumput laut yang bisa dinikmati bersama orang-orang tersayang karena isinya yang banyak. Penasaran? Cek ke supermarket terdekat aja!