Rumput Laut: Makanan Enak dan Berkualitas untuk Tubuh

21 Jul 2022



Rumput laut pastinya bukanlah salah satu jenis makanan yang asing lagi bagi beberapa orang, apalagi bagi orang-orang Asia. Ada banyak sekali menu masakan bisa dihasilkan hanya dengan menggunakan satu bahan saja, selain rasanya enak khasiatnya juga banyak.

Tips Memilih Rumput Laut yang Berkualitas
Selain banyak mengandung nutrisi yang baik, rumput laut juga punya rasa yang lezat dan gurih. Rumput laut mudah ditemukan di beberapa tempat, namun untuk menjamin kualitas dari produk tersebut Anda harus bisa membedakannya dengan yang tidak bagus.

1. Punya Warna yang Bening
Rumput laut yang bagus punya warna yang putih bening. Walaupun awalnya punya hijau namun jika sudah diolah maka akan berubah. Dari transparansinya sudah menjadi indikasi kesegaran dari rumput laut. Dijadikan sup atau olahan apapun terasa nikmat.

Sebaiknya tidak membeli rumput laut dengan warna yang keruh atau terlalu transparan. Karena ditakutkan sudah tercampur dengan bahan lain misalnya pewarna buatan. Warna keruh juga bisa menjadi indikasi penurunan kualitas.

Baca juga : Olahan Rumput Laut yang Berguna untuk Kesehatan

2. Hindari Beli Rumput Laut Berwarna
Biasanya ada juga rumput laut yang berwarna di pasaran. Biasanya jenis yang berwarna sudah punya rasa manis, hal ini dikarenakan sudah ada pengolahan lebih awal dari pedagang. Alangkah lebih baiknya jika diolah sendiri di rumah.

Kesegaran rumput laut yang sudah di warnai juga kurang maksimal. Tingkat kematangan kebanyakan tidak sesuai dengan selera, pewarna yang digunakan juga belum tentu aman dikonsumsi dan baik untuk organ tubuh.

3. Jangan Pilih yang Punya Tekstur Kaku
Rumput laut yang bagus memang punya tekstur kaku namun tetap terasa kenyal saat dipegang menggunakan tangan. Jika hanya kaku saja maka bisa dipastikan rumput laut tidak sesuai dengan selera yang diinginkan.

Selain itu rumput laut juga tidak boleh terlalu terlalu rapuh atau hancur ketika dipegang. Oleh karena itu cobalah cek ke dengan memegangnya dengan tangan. Cobalah juga untuk aktif bertanya ke penjualnya langsung.

Sekarang ini sudah banyak minuman dan juga makanan yang terbuat dari olahan rumput laut. Jadi tidak perlu bingung lagi ketika ingin coba konsumsi rumput laut tapi tidak tahu cara pengolahannya. Anda juga bisa mendapatkan dari online shop.