Habanero, cabai kecil yang meggoyang lidah

05 Jul 2019



Hola, Lavers! Tentunya sudah tidak asing dong dengan habanero, cabai gendut dan padat yang dijadikan salah satu varian favorit laverland crunch. Tahu bukan berarti kenal, apakah kamu sudah mengenal habanero? Berikut ini adalah fakta-fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Sempat dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia
Berdasarkan data Guiness World Record, habanero red savina sempat memegang gelar sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 1994 hingga 2006. Sayangnya red savina harus memberikan peringkat pertamanya kepada Cabai Naga Golokia pada Tahun 2007.

2. Memiliki sejarah yang unik
Habanero merupakan jenis cabai chinense dari daerah Amazon yang kemudian menyebar ke Meksiko. Cabai ini pertama ditemukan utuh melekat di tingkat pra keramik Gua Guitarrero, Peru, dengan umur 8500 tahun. Selama beribu tahun spesies ini didomestikan seiring dengan perkembangan petani dalam bercocok tanam. Pada tahun 1000 SM, para petani berhasil melakukan seleksi untuk menghasilkan keturunan yang lebih besar dan pedas, sehingga cabai chinense ini mulai menyebar ke seluruh penjuru Amerika Selatan dan Tengah. Pada tahun 1492, Columbus sampai di Kepulauan Karibia dan membawa berbagai jenis cabai ini ke Portugis sehingga akhirnya menyebar ke Afrika, dan ke seluruh dunia.

3. Ditumbuhkan dengan cara hidroponik
Karena banyak dipakai di seluruh dunia, petani harus menemukan cara lain untuk bercocok tanam habanero. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah melalui hidroponik, cara termudah, tercepat, dan cara paling produktif untuk menumbuhkan tumbuhan cabai.

Jadi, bagaimana? Sudah tahu kan beberapa fakta mengenai habanero yang bisa kamu konsumsi? Jangan lupa untuk sharing Laverland Crunch Habanero kamu ke kerabatmu, supaya bisa seru-seruan bareng!