Pengolahan Manjun Seaweed

25 Jul 2019



Manjun merupakan rumput laut yang diolah di suatu pabrik di korea selatan. Teknologi yang cukup canggih menjadi pembeda manjun dengan rumput laut lain. Berikut ini adalah tahapan manjun diolah di Korea Selatan:

Panen rumput laut dilakukan di pagi hari pada musim dingin, untuk mendapatkan nutrisi yang terbaik dan rasa yang terbaik dari rumput laut. Dipanen secara alami dengan tenaga angin, rumput laut mentah ini telah dipanen dengan cara yang ramah lingkungan.

Setelah berhasil dipanen, rumput laut mentah tersebut dialihkan ke laboratiorium Inspection Room pada laboratorium pertama. Sebelum diolah menjadi bahan makanan, rumput laut harus mentah harus melalui uji kelayakan kualitas.

Dengan mengambil sample sebesar 5% dari total hasil panen, dilakukan uji kualitas untuk mengetahui jika ada rumput laut mentah yang tidak layak untuk dijadikan bahan makanan.

Apabila tidak memenuhi standard kualitas, maka rumput laut tersebut langsung di eleminasi. Karena mengutamakan kualitas yang baik, semua produk manjun telah mendapat pengakuan kualitas oleh beberapa badan sertifikasi di seluruh dunia.

Setelah lolos uji kualitas dan dinyatakan layak sebagai bahan makanan, bahan-bahan tersebut akan dialihkan ke laboratirum kedua. Pada laboratorium inilah rumput laut akan diolah sehingga menjadi satu packaging lengkap manjun seaweed.

Rumput laut yang sudah tersaring langsung disaring kembali dengan metal detector dan foreign body detector. Proses ini dilakukan untuk menghindari zat metal dan zat asing lainnya yang biasa ditemukan pada rumput laut. Produk yang terdeteksi memiliki zat metal atau zat asing kembali dieliminasi secara langsung.

Setelah melewati kedua detector, rumput laut akan melalui dipanggang untuk tahap pertama dengan suhu kurang lebih 280derajat dan diikuti dengan seasoning process. Rumput laut yang sudah melalui kedua proses tersebut akan dipanggang kembali, sehingga menghasilkan rasa yang lebih renyah dan lemak yang lebih rendah. Oleh karena itu salah satu yang menjadi pembeda manjun dengan rumput laut lain adalah double roasted, proses panggang dua kali.

Rumput laut yang sudah masak kemudian akan melalui proses packaging yang pertama, diikuti dengan pemeriksaan berat. Packaging yang beratnya tidak sesuai akan langsung di eliminiasi, sehingga yang tersisa hanyalah produk dengan berat yang tepat.

Sebelum melalui tahap terakhir, rumput laut yang sudah berhasil melalui tahap packaging yang pertama akan melalui metal detector yang kedua dan x-ray checking. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada zat metal yang masih menempel pada produk atau zat asing lainnya yang masih tersisa dalam produk. Meskipun sudah melalui packaging pertama, apabila ditemukan zat yang tidak diinginkan, produk akan tetap dieliminasi.

Setelah melalui proses yang cukup Panjang, produk yang sudah terjamin keamanannya ini akhirnya melalui final packaging process, dimana produk akan dikemas sebagai satu kemasan utuh dan siap didistribusikan ke banyak tempat

Nah, sekarang sudah tahu kan produk yang kita jumpai di outlet terdekat telah melalui proses yang sangat panjang. Mulai dari panen sampai uji kualitas dilakukan dengan sangat detail, sehingga terjamin keamanan dan kualitas produk.

Tidak hanya di supermarket, produk manjun juga telah dipercaya di banyak restaurant sushi karena kualitas rumput laut yang baik dan kontinuitas order yang selalu cepat tanggap. Jadi, kamu tidak usah ragu lagi mengonsumsi semua produk manjun. Sudah terjamin lho kualitasnya